Plugin Untuk Watermark di Gambar Postingan

9

Salah satu daya tarik sebuah artikel adalah artikel yang disisipi sebuah gambar. Ada kalanya pembaca tidak tertarik untuk full membaca secara keseluruhan dari artikel tersebut, apalagi jika artikel tersebut merupakan panduan atau tutorial yang berisi tips and trik dengan beberapa gambar sebagai penunjang artikel tersebut.

Jika kebetulan gambar tersebut merupakan gambar original dari hasil karya Anda sendiri, tentunya tidak ingin dicopy tanpa ijin oleh pihak lain, bukan?

Oleh karena itu, salah satu cara untuk melindungi gambar dari adanya duplikat oleh orang lain adalah dengan menambahkan watermark pada gambar tersebut. Watermark itu sendiri adalah berupa tanda air atau gambar yang didalamnya terdapat identitas sang pemilik gambar tersebut. Watermark itu sendiri bisa berupa tulisan atau gambar tipis. Buat yang gemar menulis artikel pada blog, khususnya yang berplatform wordpress, ada banyak sekali plugin watermark yang bisa digunakan. Salah satu plugin untuk watermark yang pernah saya gunakan adalah Easy Watermark.

Penggunaan plugin Easy Watermark terdiri dari dua type, yaitu watermark yang berupa text dan watermark yang berupa gambar. Untuk penggunaan watermark yang berupa text, kalian tinggal menulis secara langsung kalimat yang ingin ditampilkan pada gambar tersebut dengan cara menulis langsung pada kolom yang ada di menu setting plugin tersebut. Setelah kalian menulis kalimat yang akan ditimpakan pada gambar, maka secara otomatis, semua gambar yang di upload pada website tersebut akan langsung terisi oleh tulisan watermark yang kalian bikin barusan. Anda bisa menulis berupa alamat website atau no HP.

Sedangkan jika kalian ingin membuat watermark berupa gambar transparan, maka terlebih dahulu kalian menyiapkan gambar yang ingin diupload pada kolom watermark tersebut. Untuk format gambarnya disarankan menggunakan PNG. Di aplikasi pengolah gambar semacam Photoshop terdapat fitur untuk menyimpan format gambar semacam ini.

Beberapa fitur yang ada pada plugin Easy Watermark antara lain adalah :

Opacity
Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengatur tingkat kecerahan sebuah tulisan watermark atau gambar yang ingin digunakan. Kalian tinggal memasukkan nilai opacity yang diinginkan. Karena berfungsi sebagai watermark, tentunya disarankan tulisan atau gambar yang digunakan, pengaturan opacity nya harus diatur sedemikian rupa, tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.

Angle
Fitur ini digunakan untuk mengatur kemiringan text yang akan dimunculkan pada gambar. Anda bisa melakukan pengaturan untuk tingkat kemiringan, misalnya 45 derajat, atau sesuai kebutuhan. Kalian bisa menyesuaikan watermark yang ada.

Warna dan ukuran font
Untuk watermark yang berupa text, kalian bisa memilih warna dan ukuran font yang ingin digunakan. Namun tentunya harus disesuaikan dengan ukuran gambar yang ingin di publish dalam artikel tersebut. Hal ini agar tulisan watermark tidak terlalu besar atau kecil.

Demikian beberapa pengenalan mengenai fungsi dari plugin Easy Watermark, fitur yang ada di dalamnya, dan cara pengaturan beberapa menu dari plugin tersebut.