Melatih Kesabaran Ketika berjualan Online

12

Meskipun udah cukup lama berkutat di dunia per online nan, namun baru beberapa tahun belakangan ini mencoba berjualan online. Ada banyak platform yang bisa sobat semua lakukan untuk menjajakan dagangannya, bisa dengan bikin online shop sendiri, atau gabung bareng market place di beberapa situs. Saya mulai jualan online di market place luar, dalam hal ini eBay.

Yang sudah berkecimpung di online pastilah ngeh, apa itu eBay. Ya, ini adalah situs yang boleh dibilang market place terbesar di dunia. Boleh dibilang palu gada (apa yang elu perlu, gua ada). Di eBay, saya sudah cukup lama bergabung, kisaran tahun 2010. Bisa di cek disini member since nya. Sebenarnya enak juga jualan disini, bangun tidur, ngecek akun, dollar masuk. Its so simple to earn money. Tapi saya ga bakalan panjang lebar buat ngobrolin eBay. Saya nulis artikel ini karena ter inspirasi dari postingan Bu Tyas, sang empunya Pelangi Flora. Salah satu topik postingannya di Facebook adalah bijimane buat ngadepin buyer yang beraneka ragam sifatnya, mulai yang simple, ribet, ampe buyer yang rewel. Nah disini mau ane ceritain nih mas bro, tipikal dari beberapa buyer diatas. Inti dari artikel ini nantinya adalah bagaimana kita melatih kesabaran ketika berjualan online.

Pembeli yang buy and go
Ini ane bikin istilah sendiri. Jadi tipikal pembeli yang semacam ini nih yang paling disuka. Nanya sebentar, minta no rek, tau tau konfirmasi ngasih struk transfer. Tanpa ba bi bu, ask, transfer, and go. Ada beberapa sih yang tipikal semacam ini, tapi ya cukup jarang juga dapetin yang semacam ini. Kadang kalo pas lagi iseng, saya juga suka pake feeling, buka profile nya, liat liat sebentar, insya Allah manjur dech, jadi bakalan dilanjut atau ga komunikasinya ama ntuh pembeli.

Nanya lama banget
Untuk tipikal pembeli yang ini, kita sulit nebak, karena bisa jadi beli, bisa jadi ga beli. Disinilah kita mesti melatih kesabaran, karena banyak pepatah bilang pembeli adalah Raja. Tau kan, mesti gimana kita melayani sang Raja? Berdasar pengalaman, untuk pembeli type ini saya kasih skor 50 : 50. Lumayan lah, meski sedikit cape, masih dapat ROI.

CLBK (Chat Lama, Beli Kagak)
Ini salah satu istilah yang paling trend buat yang suka jualan online via social media. Kalo via platform market place, jarang jarang nemuin yang kayak gini. Nanya kesana kemari, nawar, follow up, besok lagi dilanjutin ngobrolnya, eeh, ditunggu tunggu ga jadi beli. Ya kalo ada informasi, maap ya sist, gan, ane ga jadi beli. Yang bikin kesel, udah di PM, status read, tapi bales juga ga? Wkwkwkwk…

Ya itulah pengalaman dan suka duka jualan online.