Cara Mempromosikan Bisnis Online biar Laku

148

Semakin meningkatknya pengguna internet di Indonesia dan juga akses internet yang semakin mudah, tentunya hal ini memberikan banyak manfaat untuk segala aspek kehidupan. Saat ini hampir semua kebutuhan kita bisa dilakukan melalui fasilitas internet tersebut, seperti mencari informasi lowongan pekerjaan, informasi toko online untuk produk tertentu, pesan tiket pesawat, cari tempat liburan yang menarik, layanan perbankan, dan semuanya.

Demikian juga untuk membantu memasarkan produk, keberadaan internet sangat sangat membantu sekali. Banyak kemudahan yang bisa dilakukan untuk promosi produk, tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra, waktu yang terbatas, cakupan promosi yang tidak terlalu luas, dan sebagainya, semuanya bisa ditingkatkan dengan adanya internet. Misalnya saja produk UMKM yang selama ini hanya menjual produk dengan cakupan pemasaran untuk lingkungan sekitarnya saja, melalui iklan di internet, produk tersebut bisa dikenal lebih luas. Namun tidak sedikit pula yang belum mengetahui, bagaimana sih memasarkan produk melalui fasilitas internet itu sendiri? Saya akan coba share mengenai beberapa layanan periklanan untuk para pelaku UMKM yang ingin memasarkan produk produk mereka, dan itu semua saya jabarkan berdasarkan pengalaman pribadi.

Layanan Periklanan Google Adwords
Promosi produk melalui iklan Google Adwords sudah cukup lama dikenal. Cara kerja dari periklanan model ini adalah berdasarkan kata kunci yang diketik di kolom pencarian Google, nah nantinya produk yang relevan dengan kata kunci tersebut akan muncul di halaman pencarian Google tersebut. Layanan semacam ini dikenal dengan istilah “pay per click”, yaitu pemasang iklan akan dikenakan biaya jika iklan mereka diklik oleh pengunjung.

Untuk bisa memasang layanan iklan semacam ini, tentunya pemilik produk harus mempunyai website, atau paling tidak ada link URL yang nantinya tertuju pada informasi produk yang diiklankan. Beberapa produk yang banyak diiklankan melalui metode iklan Google Adwords juga sangat beragam, dan hampir semuanya bisa dicoba, tentunya untuk jenis jenis produk yang dilarang tidak boleh untuk di iklankan.

Periklanan melalui Facebook Ads
Buat kalian yang suka bersosial media, mungkin ada baiknya untuk memulai memanfaatkan platform ini untuk coba berbisnis. Facebook sebagai salah satu sosial media terbesar saat ini memiliki database pengguna yang sangat sangat besar sekali jumlahnya, lebih dari 1 milyar di seluruh dunia. Tentunya dengan database yang super besar tersebut, ada banyak sekali peluang yang bisa kalian ambil, misalnya memasarkan produk produk yang banyak diminati oleh anak muda,  seperti gadget, produk fashion, kecantikan, dan lain sebagainya. Saya sendiri sampai saat ini masih memasarkan produk bibit tanaman melalui Facebook Ads, dan memang hasilnya sungguh luar biasa.

Nah, itu mungkin sedikit gambaran mengenai metode apa sih yang pas dan tepat buat masarin produk dengan jangkauan yang lebih luas, biaya iklan yang terjangkau, dan yang pasti bisa on terus selama 24 jam non stop, asal budget iklannya masih tersedia. Dan tentunya masih banyak platform sosial media atau layanan periklanan online yang bisa dicoba, misalnya melalui instagram, twitter, pinterest, dan lain lain.