Mencoba Menekuni Bisnis Online

272

Bagi sebagian orang, bisnis online mungkin masih terasa asing. Hal ini dikarenakan produk produk yang ditawarkan tidak tersedia layaknya jualan secara konvensional. Memang ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa kalian dapatkan. Saya sendiri sudah banyak menekuni berbagai jenis bisnis online. Secara sederhana, bisnis online adalah bagaimana mendapatkan pendapatan melalui internet, itu saja. Nah, bagaimana cara mendapatkannya?

Ada banyak sekali cara yang bisa teman teman coba untuk mendapatkan uang dari internet, dan kesemuanya real dan benar benar menghasilkan. Dari sekian banyak jenis bisnis online, kalian bisa memilih yang benar benar sesuai dengan passioan kalian. Buat yang suka menulis artikel, ada banyak sekali sumber dan orang orang yang membutuhkan jasa penulisan artikel untuk mereview produk atau sekedar mengisi blog. Selain itu, kalian juga bisa memulai bisnis online dengan membuka toko online. Toko online disini secara garis besar hampir sama dengan toko konvensional umumnya, yang membedakan adalah kalian tidak memerlukan stok barang, terutama jika kalian menggunakan system dropshipper. Biar ga penasaran, berikut saya share beberapa bisnis online yang pernah dan masih saya jalankan hingga saat ini, antara lain :

Jasa Penulisan Artikel

Biasanya, bisnis online jenis ini sangat erat kaitannya dengan tulis menulis. Untuk itu, jika sobat semua pingin menekuni bidang yang satu ini, kalian harus mempunyai pengalaman dalam penulisan artikel. Beberapa layanan yang bisa kalian coba untuk penulisan artikel seperti misalnya pay per post, paid to review, forum, dan masih banyak lagi. Untuk pendapatan dari tiap artikel yang kalian tulis, biasanya tergantung dari kesepakatan. Rata rata harga penulisan artikel ditentukan dengan berapa jumlah kata dalam setiap artikel tersebut.

Jasa Periklanan Online

Untuk jasa periklanan online yang sudah pernah saya coba dan masih aktif sampai saat ini adalah jasa iklan Google Adwords dan juga jasa iklan Facebook Ads. Kedua jenis layanan periklanan ini memang paling banyak diminati karena memang impactnya sangat terasa. Biaya untuk jasa ini, diluar anggaran iklan yang disepakatai, biasanya kisaran Rp. 300.000 perbulan. Buat kalian yang ingin mencoba dengan jasa layanan ini, paling tidak kalian harus memiliki kartu kredit sebagai fasilitas pembayaran untuk kedua jenis iklan tersebut.

Kalian bisa bayangkan, jika seandainya mempunyai klien sebanyak 10 orang saja, maka passive income yang bisa kalian dapatkan perbulan adalah 3 jutaan. Sungguh suatu nilai yang sangat lumayan untuk ukuran passive income.

Pembuatan Website atau Blog

Yang satu ini juga tidak kalah menariknya untuk dicoba. Meskipun membutuhkan persyaratan minimal harus bisa membuat website dengan beberapa jenis CMS, seperti misalnya WordPress, Joomla, Weebly, Shopify, dan lain lain. Keuntungan dari jenis bisnis online yang satu ini adalah jika si pemilik website tersebut melakukan perpanjangan website untuk setiap tahunnya. Untuk saya sendiri, setiap perpanjangan per tahun dikenakan biaya 1 juta. Boleh dibilang ini merupakan uang kaget atau passive income yang juga cukup lumayan untuk dicoba.

Jualan dengan system dropship

Tidak kalah menariknya dengan beberapa jenis bisnis online yang sudah disebutkan diatas. Jualan dengan system dropsip juga sangat menjanjikan. Kelebihan jualan online dengan system ini antara lain, kalian tidak memerlukan modal besar, tidak memerlukan tempat jualan, tidak perlu karyawan, tidak perlu stok barang, dan tidak perlu memikirkan pengiriman. Semua aktivitas tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab supplier kalian. Jadi intinya, kalian cuman mendatangkan pembeli sebanyak banyaknya.

Nah, demikian sedikit gambaran mengenai jenis jenis bisnis online yang bisa kalian coba. Siapa tau ketemu hoki bisnis yang cocok dan memberikan profit yang lumayan.