Berbagi Pengalaman Jualan di Facebook

245

Jualan online mungkin saat ini masih menjadi trend, dan bahkan bakalan mengalami peningkatan di tahun tahun mendatang. Ada banyak banget sih jenis jualan online, terutama metode yang bisa digunakan. Kalian semua bisa jualan online via Facebook, Twitter, Instagram, dan beberapa situs jual beli online lokal yang sudah banyak kalian kenal.

Saya mau berbagi pengalaman selama berjualan online, terutama menggunakan platform social media, salah satunya adalah Facebook. Sebagai salah satu social media dengan pengguna paling besar di dunia, konon lebih dari 1 Milyar pengguna aktif yang mengakses Facebook tiap bulannya. Untuk pasar lokal sendiri, Indonesia misalnya, pengguna Facebook juga terus mengalami peningkatan. Tentunya hal ini menjadi salah satu ceruk pasar yang bisa kalian manfaatkan.

Jika ditelaah, Facebook itu sendiri mempunyai dua fungsi utama, seperti misalnya halaman yang memang di khususkan untuk update status, dan halaman yang khusus untuk berbisnis, atau bisa dikenal dengan istilah fanpages. Namun, sepertinya, sampai saat ini saya masih menemukan banyak sekali pelaku bisnis online yang salah dalam memilih jenis fasilitas dari Facebook yang digunakan untuk menjual produk produk mereka,  salah satunya adalah dengan menawarkan dagangan mereka melalui wall atau dengan update status. Cara ini secara umum tidak menyalahi aturan sih, cuman jika dilihat dari efektifitasnya dan juga target marketnya, fasilitas ini kurang mengena.

Buat yang pingin serius jualan via Facebook, dan bisa mendatangkan profit yang lumayan, ada dua hal utama yang perlu diperhatikan, yaitu fan pages dan juga Facebook Ads (iklan berbayar) untuk promosi fan pages. Jika saat ini kalian masih menggunakan menu postingan biasa untuk jualan produk, mulai saat ini, kalian mungkin bisa mencoba membuat fan pages sesuai dengan kriteria produk atau toko yang kalian tawarkan.

Pada menu fan pages ini, nantinya akan banyak sekali fitur dan fasilitas yang bisa memudahkan untuk menjual produk, berinteraksi dengan calon buyer, melakukan follow up, bagaimana berpromosi yang efektif, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Sedangkan untuk promosi melalui fasilitas facebook ads, kalian semua harus mengeluarkan anggaran sesuai kapasitas dan kebutuhan, misalnya anggaran per hari yang ingin kalian gunakan untuk beriklan. Ada banyak tutorial dan panduan bagaimana untuk memulai beriklan menggunakan fasilitas facebook ads.

Selama berjulana di facebook dengan menggunakan iklan berbayar, dan anggaran per hari kisaran Rp. 75.000, dan jika kalian bisa melakukan pengaturan iklan dengan tepat, maka minimal per hari Rp. 500.000 cukup mudah untuk kalian raih. Mungkin di kesempatan yang akan datang, akan saya coba share bagaimana membuat iklan facebook menjadi sangat efektif untuk promosi produk.